Menerima (Accept)
Menangkap
materi yang dikorbankan dan mempertahankannya, setidaknya untuk sementara.
Aktif (Active)
Gagasan
atau langkah dalam menindaklanjuti perencanaan, atau buah yang ditempatkan
dengan baik untuk penyerangan.
Keuntungan (Advantage)
Beberapa
aspek posisi yang menjadi alasan pemain dalam memenuhi tujuan untuk kemenangan.
Notasi aljabar (Algebraic notation)
Bentuk
modern dalam menuliskan langkah catur. Pada banyak negara telah menjadi standar
untuk waktu yang lama, meskipun di negara-negara berbahasa Inggris dan Spanyol
hanya mengambil alih notasi deskriptif lama dalam dua dekade terakhir.
Analisis (Analysis)
Sebuah
proses ketika seorang pemain catur mempertimbangkan langkah paling logis dalam
suatu posisi, jawaban terbaik untuknya, dll, sehingga membentuk sebuah
"pohon" variasi yang mungkin dari posisi awal. Perhatikan bahwa
pemilihan langkah dalam menganalisis sebagian besar didasarkan pada intuisi.
Juga mengacu pada variasi yang dihasilkan oleh proses analisis.
Mesin analisis (Analytical engine)
Sebuah
modul komputer yang mengambil posisi catur sebagai masukan dan menganalisis
kemungkinan jalur permainan dari posisi itu, juga menyediakan hasil penilaian
numerik terhadap posisi dan jalur terbaik dari permainan.
Anotasi (Annotation)
Tanggapan
tentang langkah atau posisi dalam permainan catur, mendiskusikan kemungkinan
alternatif, rencana untuk kedua belah pihak, menjelaskan metode langkah yang
mungkin diputuskan, atau apa pun yang penulis rasa tepat untuk disebutkan
terhadap hal tersebut.
Penilaian (Assessment)
Perasaan
seorang pemain tentang siapa yang memiliki keuntungan dalam posisi dan mengapa.
Penilaian awal sebagian besar bersifat intuitif, tetapi analisis selanjutnya
memperhalus penilaian tersebut, tetapi masih berdasarkan pada penilaian
intuitif pemain pada akhir variasi yang dia analisis. Blumenfeld menulis dengan
fasih tentang aspek intuitif:
"Penilaian
ini terkait dengan persepsi posisi dan merupakan tindakan fundamental bawah
sadar dalam arti sebagai kaitan perantara untuk mencukupi, jika tidak
keseluruhannya, segala sesuatu yang tidak bekerja melalui kesadaran."
Menyerang (Attack)
Sebuah
tindakan terpadu oleh satu pemain yang bertujuan untuk membobolkan pertahanan
lawan. Ini juga digunakan untuk merujuk kepada salah satu dari dua jenis
variasi pembukaan yang dimainkan (umumnya) oleh Putih: sistem yang meluncurkan
serangan langsung, atau bersangkutan dengan sistem yang lebih sering dimainkan
oleh Hitam, misalnya Serangan India Raja dengan ciri Putih menempatkan
buah-buahnya dalam banyak cara yang sama dengan yang Hitam lakukan dalam
Pertahanan lndia Raja.
Mat baris-belakang (Back-ranker)
Sebuah
gagasan skakmat sederhana ketika Benteng atau Menteri melakukan skak terhadap
Raja sepanjang baris pertama dengan berkat keberadaan deretan bidak sepanjang
baris kedua. Pada pertandingan antarpemula agak jarang terjadi permainan
berakhir dengan cara ini, tetapi gagasannya tetap relevan pada semua tingkatan.
Back Ranker |
Perhatikan
contoh yang sangat terkenal ini (O.Bernstein-Capablanca, Moskow 1914-WGG 13),
ketika ternyata posisi Capablanca ini didukung oleh gagasan baris-belakang.
Bidak Hitam tidak terlihat bagus, namun para perwiranya memberikan dukungan
yang baik. Karena beberapa hal taktis, Hitam memiliki permainan yang baik,
namun Bernstein masih berusaha untuk memanfaatkan kelemahan bidak tersebut.
Apabila anda masih penasaran juga dengan metode ato masih bingung dengan pola skakmat tersebut, maka silahkan klik link ini dan pelajari lebih lanjut.
Ketika Raja sedang diserang oleh satu atau lebih
bidak lawan, keadaan ini disebut dengan skak. Pemain yang Rajanya diskak harus
menggerakkan Rajanya supaya tidak terserang. Hal ini dapat dilakukan dengan
menangkap bidak lawan yang menyerang, menutup serangan lawan dengan menempatkan
sebuah bidak di antaranya (apabila yang menyerang Ratu, Benteng, atau Gajah dan
ada petak kosong di antara Raja dan bidak lawan), atau memindahkan Raja ke
petak yang tidak sedang diserang. Rokade tidak diijinkan apabila Raja sedang
diskak
Tujuan permainan dalam catur adalah mencapai posisi skak
mat. Hal ini bisa terjadi bila Raja terancam dan tidak bisa menyelamatkan diri
ke petak lain. Tidak selalu permainan berakhir dengan kekalahan, karena bisa
terjadi pula peristiwa seri atau remis di mana kedua belah pihak tidak mampu
lagi meneruskan pertandingan karena tidak bisa mencapai skak mat.
Peristiwa
remis ini bisa terjadi berdasarkan kesepakatan maupun tidak. Salah satu contoh
remis yang tidak berdasarkan kesepakatan - tetapi terjadi adalah pada keadaan
remis abadi. Keadaan remis yang lain adalah keadaan pat, dimana yang giliran
melangkah tidak bisa melangkahkan buah apapun termasuk Raja, tetapi tidak dalam
keadaan terancam skak. Dalam pertandingan catur pihak yang menang biasanya
mendapatkan nilai 1, yang kalah 0, sedang draw 0.5.
sumber : http://referensicatur.blogspot.com/2012/09/istilah-dalam-catur-1.html
Description: ISTILAH dalam CATUR part 3
Reviewer: Unknown
Rating: 4.0
ItemReviewed: ISTILAH dalam CATUR part 3
Reviewer: Unknown
Rating: 4.0
ItemReviewed: ISTILAH dalam CATUR part 3
Tidak ada komentar: