Look up

Selasa, 09 September 2014

Unknown 23.01.00 , , ,
Menerima (Accept)
Menangkap materi yang dikorbankan dan mempertahankannya, setidaknya untuk sementara.

Aktif (Active)
Gagasan atau langkah dalam menindaklanjuti perencanaan, atau buah yang ditempatkan dengan baik untuk penyerangan.

Keuntungan (Advantage)
Beberapa aspek posisi yang menjadi alasan pemain dalam memenuhi tujuan untuk kemenangan.

Notasi aljabar (Algebraic notation)
Bentuk modern dalam menuliskan langkah catur. Pada banyak negara telah menjadi standar untuk waktu yang lama, meskipun di negara-negara berbahasa Inggris dan Spanyol hanya mengambil alih notasi deskriptif lama dalam dua dekade terakhir.

Analisis (Analysis)
Sebuah proses ketika seorang pemain catur mempertimbangkan langkah paling logis dalam suatu posisi, jawaban terbaik untuknya, dll, sehingga membentuk sebuah "pohon" variasi yang mungkin dari posisi awal. Perhatikan bahwa pemilihan langkah dalam menganalisis sebagian besar didasarkan pada intuisi. Juga mengacu pada variasi yang dihasilkan oleh proses analisis.

Mesin analisis (Analytical engine)
Sebuah modul komputer yang mengambil posisi catur sebagai masukan dan menganalisis kemungkinan jalur permainan dari posisi itu, juga menyediakan hasil penilaian numerik terhadap posisi dan jalur terbaik dari permainan.

Anotasi (Annotation)
Tanggapan tentang langkah atau posisi dalam permainan catur, mendiskusikan kemungkinan alternatif, rencana untuk kedua belah pihak, menjelaskan metode langkah yang mungkin diputuskan, atau apa pun yang penulis rasa tepat untuk disebutkan terhadap hal tersebut.

Penilaian (Assessment)
Perasaan seorang pemain tentang siapa yang memiliki keuntungan dalam posisi dan mengapa. Penilaian awal sebagian besar bersifat intuitif, tetapi analisis selanjutnya memperhalus penilaian tersebut, tetapi masih berdasarkan pada penilaian intuitif pemain pada akhir variasi yang dia analisis. Blumenfeld menulis dengan fasih tentang aspek intuitif:
"Penilaian ini terkait dengan persepsi posisi dan merupakan tindakan fundamental bawah sadar dalam arti sebagai kaitan perantara untuk mencukupi, jika tidak keseluruhannya, segala sesuatu yang tidak bekerja melalui kesadaran."

Menyerang (Attack)
Sebuah tindakan terpadu oleh satu pemain yang bertujuan untuk membobolkan pertahanan lawan. Ini juga digunakan untuk merujuk kepada salah satu dari dua jenis variasi pembukaan yang dimainkan (umumnya) oleh Putih: sistem yang meluncurkan serangan langsung, atau bersangkutan dengan sistem yang lebih sering dimainkan oleh Hitam, misalnya Serangan India Raja dengan ciri Putih menempatkan buah-buahnya dalam banyak cara yang sama dengan yang Hitam lakukan dalam Pertahanan lndia Raja.

Mat baris-belakang (Back-ranker)
Sebuah gagasan skakmat sederhana ketika Benteng atau Menteri melakukan skak terhadap Raja sepanjang baris pertama dengan berkat keberadaan deretan bidak sepanjang baris kedua. Pada pertandingan antarpemula agak jarang terjadi permainan berakhir dengan cara ini, tetapi gagasannya tetap relevan pada semua tingkatan.
Back Ranker


Perhatikan contoh yang sangat terkenal ini (O.Bernstein-Capablanca, Moskow 1914-WGG 13), ketika ternyata posisi Capablanca ini didukung oleh gagasan baris-belakang. Bidak Hitam tidak terlihat bagus, namun para perwiranya memberikan dukungan yang baik. Karena beberapa hal taktis, Hitam memiliki permainan yang baik, namun Bernstein masih berusaha untuk memanfaatkan kelemahan bidak tersebut.

Apabila anda masih penasaran juga dengan metode ato masih bingung dengan pola skakmat tersebut, maka silahkan klik link ini dan pelajari lebih lanjut.

Ketika Raja sedang diserang oleh satu atau lebih bidak lawan, keadaan ini disebut dengan skak. Pemain yang Rajanya diskak harus menggerakkan Rajanya supaya tidak terserang. Hal ini dapat dilakukan dengan menangkap bidak lawan yang menyerang, menutup serangan lawan dengan menempatkan sebuah bidak di antaranya (apabila yang menyerang Ratu, Benteng, atau Gajah dan ada petak kosong di antara Raja dan bidak lawan), atau memindahkan Raja ke petak yang tidak sedang diserang. Rokade tidak diijinkan apabila Raja sedang diskak

Tujuan permainan dalam catur adalah mencapai posisi skak mat. Hal ini bisa terjadi bila Raja terancam dan tidak bisa menyelamatkan diri ke petak lain. Tidak selalu permainan berakhir dengan kekalahan, karena bisa terjadi pula peristiwa seri atau remis di mana kedua belah pihak tidak mampu lagi meneruskan pertandingan karena tidak bisa mencapai skak mat.

Peristiwa remis ini bisa terjadi berdasarkan kesepakatan maupun tidak. Salah satu contoh remis yang tidak berdasarkan kesepakatan - tetapi terjadi adalah pada keadaan remis abadi. Keadaan remis yang lain adalah keadaan pat, dimana yang giliran melangkah tidak bisa melangkahkan buah apapun termasuk Raja, tetapi tidak dalam keadaan terancam skak. Dalam pertandingan catur pihak yang menang biasanya mendapatkan nilai 1, yang kalah 0, sedang draw 0.5.

sumber : http://referensicatur.blogspot.com/2012/09/istilah-dalam-catur-1.html
Description: ISTILAH dalam CATUR part 3
Reviewer: Unknown
Rating: 4.0
ItemReviewed: ISTILAH dalam CATUR part 3

Tidak ada komentar:

Apakah blog ini membantu?

Networking Area