Look up

Selasa, 23 Desember 2008

Unknown 23.50.00 , ,
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
PANITIA SARASEHAN HMP EI
JURUSAN SYARIAH STAIN PURWOKERTO
2008

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamu’alaikum Wr. Wb.

A.PENDAHULUAN
Puji Syukur kehadirat Allah SWT, atas llimpahan rahmat dan ridho-Nya sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan Sarasehan ini. Sholawat dan salam senantiasa kami sanjungkan kepada suri tauladan kita Nabiyulah Muhammad SAW yang telah menunjukan jalan kebenaran kepada umatnya.

Sebagai wujud konsekuensi logis, kami berkewajiban melaporkan hasil dari kegiatan tersebut kepada pihak-pihak terkait baik secara praktis maupun tertulis.

Harapan kami, semoga laporan ini dapat dijadikan koreksi bagi kegiatan mendatang, serta pihak-pihak terkait agar selalu ada perbaikan yang lebih bermanfaat.
Berikut sistematika laporan:
A.PENDAHULUAN
B.LAPORAN PELAKSANAAN
C.LAPORAN KEUANGAN
D.HAMBATAN DAN SOLUSI
E.REKOMENDASI
F.PENUTUP
G.LAMPIRAN

B.LAPORAN PELAKSANAAN
Kegiatan SARASHAN HMP EI berlangsung pada hari Selasa, 16 September 2008 dan bertempat di ruang 23 Gedung Syariah STAIN Purwokerto. Pada awalnya kegiatan ini direncanakan di ruang 24 namun karena kondisi lampu tidak menyala maka dipindahkan ke ruang 23. Dari pemindahan ruang tersebut maka rangkaian acara ini menjadi mundur dari jadwal yang terrencana.

Kegiatan ini dimulai dengan acara pertama yaitu Pembukaan, Ramah Tamah, Sarasehan, Diskusi, dilanjutkan dengan Kultum dan Buka Bersama.

Kegiatan ini dibuka oleh sahabat Yudi Pramono selaku HMJ Syariah sekitar pukul 16.00 WIB dikarenakan pihak BEM sedang ada kegiatan sendiri. Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah oleh pengurus HMP EI sembari menunggu pembicara dalam acara sarasehan.

Acara selanjutnya yaitu Sarasehan HMP dengan dual pembicara yaitu Ahmad Dahlan, M.Si selaku Ka. Prodi Ekonomi Islam dan Bahrul Ulum, M.H selaku Ka. Prodi Perbankan Syariah pada tahun 2008 ini. Hal itu dikarenakan HMP EI membawahi dua prodi yaitu Prodi Ekonomi Islam dan Prodi Perbankan Syariah.

Pada awalnya, acara ini diselimuti rasa tegang para peserta karena mungkin baru kali pertama mengikutinya. Namun acara berangsur responsive ketika dibuka term in diskusi.

Kultum menghantarkan peserta menjelang acara selanjutnya yaitu buka bersama, kemudian Penutup. Peserta meninggalkan ruangan dengan disiplin kebersihan membawa sampah masing-masing, sehingga kondisi tempat menjadi seperti semula.

C.LAPORAN KEUANGAN
Terlampir

D.HAMBATAN DAN SOLUSI
Hambatan :
Kondisi pada saat itu adalah sedang mengalami pemadaman listrik bergilir yang diluar dugaan kami, sehingga kami kesulitan dalam memfasilitasi peserta terkait dengan urusan kelistrikan. Sebenarnya STAIN mempunyai generator listrik sendiri hanya saja kurang terdistribusikan ke semua ruang.
Padatnya jam kegiatan Pembicara menjadikan acara mundur hingga hampir satu jam.
Kurangnya respon dari seluruh panitia sehingga acara kurang maksimal.
Pendampingan yang kurang dari tenaga ahli, sehingga kegiatan ini benar- benar berjalan atas kemandirian panitia pelaksana.

Solusi :
Dengan tidak meratanya aliran arus listrik cadangan maka panitia mencari tempat lain untuk pelaksanaan.
Meskipun masih kaku, kami mencoba melakukan pendekatan berramah tamah dengan peserta melalui perkenalan dan keakraban sembari menunggu datangnya pembicara.
Kesadaran untuk saling memiliki sebuah organisasi adalah hal terpenting bagi setiap keanggotaan. Karena hal itu menentukan perkembangan suatu organisasi. Dengan penerapan nilai kesadaran untuk saling memiliki inilah respon dapat kita akses menjadi kesolidan kinerja organisasi.
Pendampingan tidak harus dari tenaga ahli karena itu menghambat kreatifitas kita. Saling mendampingi adalah jalan terbaik dari pada menunggu seoarang pendamping.

E.REKOMENDASI
Tanggap dalam segala permasalahan diluar dugaan
Senyum, salam, sapa, adalah media ramah tamah termurah manusia
Perkuat kesadaran untuk memiliki organisasi khususnya HMP EI
Pendampingan harus selalu dimasifkan

F.PENUTUP
Demikian Laporan Pertanggungjawaban ini kami susun, semoga dapat memberikan manfaat demi perubahan yang lebih baik. Amin.

Wallohul Muwafiq ilaa aqwamiththoriq
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Description: LPJ Sarasehan HMP EI STAIN Purwokerto
Reviewer: Unknown
Rating: 4.0
ItemReviewed: LPJ Sarasehan HMP EI STAIN Purwokerto

Tidak ada komentar:

Apakah blog ini membantu?

Networking Area