Look up

Selasa, 19 Januari 2010

Unknown 00.41.00
KHUTBAH 'IDUL FITRI

ﺍﷲﺃﻜﺑﺭ ﺍﷲﺃﻜﺑﺭ ﺍﷲﺃﻜﺑﺭ.....x3
ﺍﻟﺤﻤﺪﷲ ﺍﻟﻤﻟﻚ ﺍﻟﻘﺪﻳﺭ ﺍﻟﺤﻟﻳﻡ ﺍﻟﺳﺎﺗﺭ ﻟﻳﺲ ﻻﺑﺗﺪﺍﺋﻪ ﺃﻭﻝ ﻭﻻﻻﻨﺗﻬﺎﺋﻪ ﺃﺧﺭ ﻭﺃﺷﻬﺪﺍﻥ ﻻﺍﻟﻪﺍﻻﺍﷲ ﻭﺤﺪﻩ ﻻﺷﺭﻳﻚﻟﻪ ﺷﻬﺎﺪﺓ ﺗﻨﺠﻰ ﻗﺎﺋﻟﻬﺎ ﻤﻥﻫﻭﻝ ﺍﻟﻤﻘﺎﺪﺑﺭ ﻭﺍﺷﻬﺪﺍﻥ ﺳﻳﺪﻨﺎ ﻤﺤﻤﺪ ﻋﺑﺪﻩ ﻭﺭﺴﻭﻟﻪ ﺍﻟﺫﻯ ﺍﺗﺨﺫﻩ ﺍﷲ ﻤﻥ ﺍﻓﺼﺢ ﺍﻟﻘﺑﺎﺋﻞ ﻭﺍﺤﺴﻥ ﺍﻟﻌﻨﺎﺻﺮ ﺻﻼﺓ ﻭﺴﻼﻡ ﺪﺍﺋﻣﻳﻦ ﻤﺗﻼﺰﻣﻳﻦ ﺍﻹ ﻳﻭﻡ ﺍﻷﺨﺮ
ﺍﻤﺎﺑﻌﺪ ﻓﻳﺎ ﺍﻳﻬﺎ ﺍﻟﻣﺴﻟﻣﻭﻦ ﻭﺍﻟﻣﺴﻟﻣﺎﺖ ﻏﻔﺮﺍﷲ ﻟﻨﺎ ﻭﻟﻜﻡ ﻭﻟﻜﻦ ﻭﺮﺤﻣﻨﺎ ﻭﺍﻳﺎﻜﻡ ﻭﺍﻳﺎﻜﻦ ﺍﻭﺼﻳﻜﻡ ﺑﺘﻘﻭﻯﺍﷲ ﺍﻟﻣﺟﻳﺪ ﻭﺍﻋﻟﻣﻭﺍ ﺍﻦ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻳﻭﻡ ﻣﻭﻋﺪ ﺨﺮﻭﺝ ﺍﻷﻣﺔ ﻣﻥ ﺷﻬﺮ ﺷﺮﻳﻑ ﺍﻟﻰ ﻳﻭﻡ ﻋﻳﺩ ﺴﻌﻳﺩ ﻭﻫﺬﺍ ﻳﻭﻡ ﺗﺟﻟﻰ ﺍﻟﺒﻭﺍﻂﻥ ﺒﺗﻘﻭﻯ ﺍﷲ ﻭﺗﺨﻟﻰ ﺍﻟﻆﻭﺍﻫﺮ ﻣﻥ ﻋﻣﻞ ﻻ ﻳﻔﻳﺩ ﻭﻫﺬﺍ ﻳﻭﻡ ﺗﺟﻟﻰ ﺍﻟﺣﻨﺎﻦ ﺍﻟﻣﻨﺎﻦ ﺒﻣﺰﻳﺪ ﺍﻻﺣﺳﺎﻦ ﻋﻟﻰ ﻣﻦ ﻜﺎﻦ ﺫﺍ ﻓﻌﻞ ﺣﻣﻳﺪ ﻓﻁﻬﺮﻭﺍ ﻗﻟﻭﺒﻜﻡ ﻣﻦ ﺍﻟﻜﺒﺮ ﻭﺍﻟﺮﻳﺎﺀ ﻭﺍﻟﻌﺟﺏ ﻭﺍﻷﺪﻨﺎﺲ ﻭﻣﻦ ﺍﻟﺣﻘﺪ ﻭﺍﻟﺣﺳﺪ ﻭﺍﻟﻨﻣﻳﻣﺔ ﻭﺍﻟﻌﺪﺍﻭﺓ ﻭﺍﻻ ﻟﻡ ﻳﻨﻔﻌﻜﻡ ﺍﻟﺗﺰﻳﻦ ﺒﺎﻟﻟﺒﺎﺲ ﻭﺸﻜﺮﻭﺍ ﺍﷲ ﻋﻟﻰ ﻣﺎ ﻳﺴﺮ ﻟﻜﻡ ﻣﻦ ﺍﻟﺻﻳﺎﻡ ﺮﻣﺿﺎﻦ ﻭﺍﻋﻃﺎﻜﻡ ﻣﻦ ﻨﻌﻣﺔ ﺍﻹﺴﻼﻡ ﻭﺍﻹﻳﻣﺎﻦ
Kaum muslimin dan muslimat yang dimuliakan Alloh SWT. Marilah kita senantiasa menguatkan iman dan taqwa kita kapada Alloh SWT, dengan menjalankan semua perintah-perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-larangan-Nya. Ketahuilah bahwasannya hari ini adalah hari keluarnya Umat Islam dari bulan mulia yakni bulan Romadhon pada hari raya ‘idul fitri, hari yang penuh dengan kesenangan dan kegembiraan. Hari kembalinya Umat Islam yang mau melaksanakan puasa kepada “ﻓﻂﺮﺓﺍﻹﺴﻼﻡ“ maksudnya sudah tidak mempunyai dosa, karena sudah diampuni oleh Alloh SWT karena melaksanakan puasa Romadhon dan Sholat Tarawih.
Rosululloh bersabda:
ﺸﻬﺮ ﺮﻣﺿﺎﻦ ﺸﻬﺮ ﻜﺗﺏ ﺍﷲ ﻋﻟﻳﻜﻡ ﺻﻳﺎﻣﻪ ﻭﺴﻨﻨﺕ ﻟﻜﻡ ﻗﻳﺎﻣﻪ ﻓﻣﻦ ﺻﺎﻣﻪ ﻭﻗﺎﻣﻪ ﺍﻳﻣﺎﻨﺎ ﻭﺍﺣﺗﺴﺎﺑﺎ ﺧﺮﺝ ﻣﻦ ﺫﻨﻭﺑﻪ ﻜﻳﻭﻡ ﻭﻟﺪﺗﻪ ﺍﻣﻪ
﴿ﺮﻭﺍﻩﺍﺑﻦﻣﺟﻪﻭﺍﻟﺑﻳﻬﻗﻰﻋﻦﻋﺑﺩﺍﻟﺮﺣﻣﻦﺑﻦﻋﻭﻑ﴾
Yang artinya : “Alloh telah mewajibkan untuk berpuasa dibulan Romadhon kepada kalian semua pada waktu siang hari, dan menyunahkan dimalam harinya untuk melakukan sholat Tarowih. Maka, barang siapa yang berpuasa dan melaksanakan sholat tarowih karena iman dan hanya mengharapkan pahala dari Alloh SWT. Maka orang tersebut diampuni semua dosanya sehingga orang tersebut suci seperti bayi yang baru lahir dari perut ibunya”. Oleh sebab itu beruntung sekali bagi unat Islam yang mau melaksanakan puasa Romadhon dan sholat tarawih pada malam harinya.
Kaum muslimin muslimat rohimakumulloh waiyyakum ajma’iin. Hukumnya sholat hari raya adalah sunnah muakkad. Barang siapa yang mau melaksanakannya maka dia akan diberi pahala, dan barang siapa yang tidak mau melaksanakannya, orang tersebut tidak berdosa. Berbeda dengan sholat lima waktu, yakni dhuhur, ‘ashar, maghrib, ‘isya, dan shubuh, hukumnya adalah wajib ‘ain. Barang siapa yang mau melaksanakan sholat lima waktu tersebut, maka orang tersebut akan diberi pahala oleh Alloh SWT, sdan barang siapa yang tidak mau melaksanakannya, maka orang tersebut akan mendapat siksa yang sangat pedih.
Rosululloh saw. bersabda :
ﺧﻣﺲ ﺼﻟﻭﺍﺖ ﻜﺗﺑﻬﻦ ﺍﷲ ﻋﻟﻰ ﻋﺑﺎﺩﻩ ﻓﻣﻦ ﺍﺩﺍﻫﻦ ﻟﻣﻭﺍﻗﻳﺗﻬﻦ ﻜﻦ ﻟﻪ ﻨﻮﺮﺍ ﻭﺑﺮﻫﺎﻨﺎ ﻳﻭﻡ ﺍﻟﻘﻳﻣﺔ ﻭﻣﻦ ﺿﻳﻌﻬﻦ ﺤﺳﺮ ﻣﻊ ﻓﺮﻋﻭﻦ ﻭﻫﺎﻣﺎﻦ

Yang artinya : “Alloh SWT mewajibkan sholat lima waktu kepada hambanya. Barang siapa yang melaksanakannya, maka sholat lima waktu tersebut akan menjadi cahaya tanda bagi orang tersebut pada hari qiamat. Dan barang siapa yang sengaja meninggalkan sholat lima waktu, maka orang tersebut akan di giring dengan berwajah celeng/ babi bersama-sama dengan fir’aun dan haman.

ﺍﷲﺃﻜﺑﺭ ﺍﷲﺃﻜﺑﺭ ﺍﷲﺃﻜﺑﺭ
Kaum muslimin muslimat haniyallohu ajma’iin. Di dalam bulan sawal, marilah kita bersilaturrahim, karena dengan kita bersilaturrahim akan diberikan rizki yang banyak dan akan diberi umur panjang.


Disebutkan dalam kitab Durrotun Nashihin bahwa: “Barang siapa berjalan dengan tujuan berziarah kepada kedua orang tuanya, maka Alloh SWT menentukan pahala baginya setiap langkah 100 kebaikan dan menghapus 100 keburukannya, serta mengangkat 100 derajat. Dan ketika ia duduk serta berbindang-bindang diantara mereka dengan ucapan yang sopan, penuh hormat, nanti di hari qiamat Alloh SWT memberinya cahaya yang menerangi di hadapannya. Dan ketika ia keluar dari mereka berdua, ia diampuni dosanya.”
Namun ketika orang tuanya telah meninggal dunia, sudilah kiranya berziarah ke makamnya, dan sebisa mungkin berziarah tiap-tiap hari jum’at dan membacakan surat yaasiiin dan tahlil yang pahalanya disampaikan kepada orang tuanya.
Rosululloh saw. bersabda :
ﻣﻦ ﺰﺍﺮ ﻗﺑﺮ ﻭﺍﻟﺩﻳﻪ ﺍﻮﺍﺤﺩﻫﻣﺎ ﻳﻭﻡ ﺍﻟﺟﻣﻌﺔ ﻓﻘﺮﺃ ﻋﻨﺩﻩ ﻳﺲ ﻏﻔﺮﻟﻪ ﻭﻜﺗﺐ ﺑﺎﺮﺍ ﺑﻮﺍﻟﺩﻳﻪ
﴿ﻜﺬﺍ ﻓﻰ ﺍﻟﺟﺎﻣﻊ ﺍﻟﺼﻐﻳﺮ﴾
Yang artimya : “Barang siapa ziarah ke makam kedua orang tuanya atau salah satu dari kedua orang tuanyapada hari jum’at dan membaca surat yaasiin di samping makamnya, maka diampuni dosa-dosa orang tersebut dan orang itu disebut sebagai birrul walidain”

ﺍﷲﺃﻜﺑﺭ ﺍﷲﺃﻜﺑﺭ ﺍﷲﺃﻜﺑﺭ

Demikianlah khutbah yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga Alloh SWT. senantiasa memberikan taufiq dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat melaksanakan semua perintah-perintah-Nya. Semoga kita semua diberikan kesempatan untuk menjumpai ‘idul fitri tahun yang akan datang. Diberi panjang umur dan sehat wal afiat. ﺁﻣﻳﻥ.....x3 ﺍﻟﻟﻬﻢﺁﻣﻳﻥ
ﺃﻋﻮﺬ ﺑﺎﷲ ﻣﻥ ﺍﻟﺷﻳﻁﻥ ﺍﻟﺮﺟﻳﻢ
ﻮﺍﻗﻳﻣﻮﺍ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻮﺍﺗﻮﺍ ﺍﻟﺯﻛﻮﺓ ﻮﺍﺮﻛﻌﻮ ﻣﻊﺍﻟﺮﺍﻛﻌﻳﻥ
ﺍﻟﻟﻬﻢ ﺍﻧﺎ ﻧﺴﺗﻐﻔﺮﻚ ﻮﻧﺗﻮﺏ ﺍﻟﻳﻚ ﻣﻥ ﻛﻞ ﺫﻧﺏ ﻋﻟﻣﻧﺎﻩ ﺍﻮﻟﻢ ﻧﻌﻟﻣﻪ ﻓﻰ ﺍﻟﻳﻞ ﺍﻮﻧﻬﺎﺮ
ﻮﻗﻞ ﺮﺏ ﺍﻏﻔﺮ ﻮﺍﺮﺤﻢ ﻮﺍﻨﺖ ﺧﻳﺮ ﺍﻟﺮﺍﺤﻣﻳﻥ
Description: ﺧﻂﺑﺔﻋﻳﺪﺍﻟﻔﻂﺭ
Reviewer: Unknown
Rating: 4.0
ItemReviewed: ﺧﻂﺑﺔﻋﻳﺪﺍﻟﻔﻂﺭ

Tidak ada komentar:

Apakah blog ini membantu?

Networking Area